06 Juni 2014

Berkunjung, Belajar dan Berbagi Kasih dengan Sesama

Gambar

Alhamdulillah… untuk kesekian kalinya masih diberikan kesempatan untuk berkunjung dan bersilaturahmi bersama sahabat, dan keluarga besar Universitas PGRI Yogyakarta kesalah satu panti disekitar kampus Universitas PGRI Yogyakarta tepatnya dipanti Hafara Yogyakarta, yang beralamat di RT.05 RW.17 Gonjen Tamantirto Kasihan Bantul, Yogyakarta.Disini saya akan berbagi pengalaman dari hasil kunjungan kemarin yang saya lakukan bersama sahabat yang lain. Berdasarkan kunjungan saya beserta teman-teman dari kelas A3-11 PGSD &BK 6-B Universitas PGRI Yogyakarta ke Panti Hafara Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 06 Juni 2014 saya dipertemukan dengan beberapa orang yang semangatnya sangat luar biasa, dengan suasana tempat sangat sederhana dan asri menjadikan setiap orang yang berkunjung ke sana merasa nyaman dan damai akan keindahan yang ada. Saya, teman-teman dan dosen pembimbingdisambut oleh perwakilan pimpinan Panti Hafara yang sangat antusias dan keceriaan dari beberapa adik-adik Panti.Disana kami melakukan wawancara, sharing dan berbagi pengalaman dengan sahabat kita di panti Hafara. ditambah dengan beberapa permainan yang dibawakan oleh sahabat serta teman-teman panti lainnya yang menjadikan suasana terasa akrab dan diselingi oleh beberapa wawancara antara kita dan beberapa petugas atau pengurus panti disana dengan beberapa teman-teman panti disana.

Berdirinya Panti Hafara ini berawal dari kegelisahan kehidupan di jalanan yang bukanlah suatu hal yang mudah, mungkin bisa diumpamakan “nyawa menjadi taruhannya”. Beberapa orang yang tinggal di panti ini dulunya ada yang pernah hidup dijalanan dengan berbagai tantangan kehidupan yang ada. Mereka saling bercerita tentang pengalaman semasa menjadi anak jalanan. Akhirnya pada tanggal 17 November 2005 dideklarasikanlah sebuah lembaga sosial bernama Hafara, bertempat di TKIT Al-Hamdulillah Kasihan Bantul Yogyakarta. Nama Hafara dicetuskan oleh Em Ha Ainun Najib. Kepanjangan dari HAFARA adalah Hadza Min Fadli Rabbi, yang artinya Kemurahan hati Tuhan. Ternyata ada suatu harapan dibalik semua itu agar organisasi tersebut selalu mendapat kemurahan dari Tuhan, serta diberi kemudahan dalam perjuangannya mengentaskan anak jalanan.

Beberapa Pelayanan yang ada di Panti HAFARA antara lain :

  1. Panti anak HAFARA

Panti anak HAFARA merupakan pelayanan dan pembinaan dalam Panti yang diperuntukan kepada anak-anak yatim dan dhuafa binaan Panti Hafara, sistem pembinaan yang diterapkan dalam Panti Anak Hafara adalah sistem pemondokan untuk memudahkan monitoring perkembangan anak, melatih kemandirian, kedisiplinan serta kemampuan bersosialisasi. Fasilitas yang disediakan untuk menunjang pembinaan dipanti Hafara antara lain :  Asrama, Perpustakaan, Fasilitas IT (Komputer), Pemenuhan perlengkapan penunjang Sekolah. Kegiatan mentoring dan pembimbingan rutin yang diperuntukan kepada anak-anak Hafara. Berikut adalah beberapa diskripsi kegiatan rutin Panti Anak Hafara: Bimbingan Ketakwaan, Pengajian dan TPA, Pendampingan BIMBEL Privat, Kelas Kreatif, Pertunjukan Musik.

  1. Panti Sosial Pondok Dhuafa (PSPD)

Panti Sosial Pondok Dhuafa (PSPD)adalah sistem pemondokan seperti pada pondok-pesantren dengan syarat “kontrak-sosial” ketika rekan-rekan pasca gepeng (gelandangan-pengemis) telah masuk kedalam panti, mereka tidak boleh lagi turun kejalan dan harus ikut berpartisipasi dalam usaha-usaha ekonomi produktif yang dikembangkan Panti Hafara. Berikut beberapa fasilitas yang diberikan panti Hafara kepada rekan-rekan pasca gepeng binaan Panti Hafara: Asrama/Kamar tinggal, Pelibatan dalam Usaha Ekonomi Produktif Panti, Konsumsiuntuk kesehariannya.

  1. Panti Rehabilitasi Gangguan Kejiwaan/Psikotik

Dengan seiring berjalannya waktu Panti Hafara kini telah dapat melakukan pelayanan pembinaan dan rehabilitasi kepada penderita gangguan kejiwaan/mental (psikotik) secara mandiri dalam Panti Rehabilitasi Gangguan Kejiwaan/Psikotik. Untuk memaksimalkan pelayanan tersebut panti Hafara menyediakan fasilitas pendukung untuk Rehabilitasi Psikotik antara lain: Kamar Isolasi, Asrama/Kamar tinggal, Konsumsi.

Sudah 8 tahun kurang lebih Panti Hafara ini berdiri dengan kepemilikan sarana dan prasarana yayasan dan bertempat di tanah milik desa. Jumlah anak disana sekitar 40 anak. Anak usia sekolah disekolahkan disekitar panti Hafara.Hasil wawancara dengan salah satu perwakilan Panti di dapat informasi bahwa anak-anak disekolahkan di SD Brajan, SD Muhammadiyah Ambar Binangun, SMP PGRI dan SMP Mataram.

Yang mendiami Panti Hafara terdiri dari anak yatim, anak piatu, serta yatim piatu bahkan ada yang diantar oleh masyarakat dari jalanan. Untuk agama semuanya menganut agama Islam. Untuk pengurus jumlahnya ada 12 orang.

Gambar

Yang terkejut ada beberapa orang dewasa yang terkena gangguan, dengan penyembuhan terapi seperti terapi music secara rutin, hal ini bisa mengurangi rasa trauma yang pernah dialaminya pada masa lalu.

Semakin luar biasanya kita dipertemukan dengan salah satu pemuda yang tekadnya sangat luar biasa yang bernama F, F berasal dari Jakarta. Dia adalah eks. pecandu narkoba yang disebabkan oleh faktor pergaulan dilingkungannya. Baru 6 bulan F sudah sembuh dari kecanduannya.Awalnya F tahu Panti Hafara ini dari keluarganya. Ternyata dengan memotivasi dirinya sendiri F bisa berhasil untuk berubah ke zona yang lebih baik dengan tekad ingin hidup lebih berarti, dan sampai saat inipun F belum kembali keJakarta yang merupakan tanah kelahirannya, begitu pula dari orang tua tidak memperbolehkan F untuk pulang kembali, tetapi setiap bulan satu kali F selalu dijenguk rutin oleh keluarganya. Hal itu beralasan karena takutnya F kembali kecanduan lagi. F berkata kepada kita semua jika ia mempunyai tekad untuk menjadi relawan di Panti Hafara agar hidupnya lebih berarti lagi.

Kemudian ada salah satu wanita mantan penderita Psikotik yang bernama Bu A, dia sekarang menjadi pengurus kewanitaan.

Untuk memenuhi kebutuhan warga panti, ada kegiatan produktif yang dikembangkan yaitu bercocok tanam dan budidaya ikan. Hasil bercocok tanam digunakan untuk konsumsi warga panti. Sedangkan hasil dari budidaya ikan tersebut sebagian digunakan untuk konsumsi warga panti dan sebagian lagi dijual untuk biaya opersional panti.

 Gambar Gambar

Demikianlah pengalaman beberapa jam ditempat yang begitu asri dan indahnya luar biasa dengan penularan semangat takada tandingannya.

Bagi anda yang ingin bersilaturahmi dan berbagi dengan sahabat kita di Panti HAFARA, silakan datang langsung ke alamat Panti HAFARA RT.05 RW.17 Gonjen Tamantirto Kasihan Bantul, Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s